Friday, May 1, 2009

UPDATE Ubuntu 8.10 interpid ke Ubuntu Jaunty 9.04

Pada hari kamis, sekitar pukul 10 malam, setelah selesai main aikido, kuniatkan menemani temenku yang sedang asik mendowload anime di depan perpustakaan fakultas kedokteran ugm. Kecepatan akses internet di depan perustakaan cukup lumayan, tetapi yang sedang kucari adalah koneksi inherent ugm untuk update ubuntu 8.10 di laptop acer aspire 4530 punyaku ini. Kecepatan koneksi inherent dengan menggunakan wifi dapat mencapai 1 Mb/s.

Dengan sedikit panduan dari website ugos.ugm.ac.id, aq mencoba sedikit mereview update yang kulakukan malam itu. Dengan settingan repository ugm, repo.ugm.ac.id, update berhasil saya lakukan tanpa kendala yang berarti. Update ini membutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menit. Hasil updatean pun tidak mengecewakan, ternyata banyak fitur-fitur baru seperti yang telah dibahas oleh ugos.ugm.ac.id.

Sedikit perbedaan dengan panduan di ugos.ugm.ac.id, penggunaan fitur ctrl+F2 untuk memunculkan program "run" ternyata tidak ada di tempatku, sehingga aq menggunakan aplikasi terminal kemudian kujalankan perintah "update-manager -d", sebenarnya bisa juga dengan menjalankan System-Administration-update manager. Kemudian akan muncul tombol upgrade, yah langsung saja tekan tombol itu, untuk jaga-jaga, backup dulu data-data penting anda.

Ini sedikit screenshot ketika malam yang "mendebarkan" itu...., karena saya tidak melakukan backup apaun terhadap data-data saya, partisi laptop acer aspire 4520 terbagi tiga, yaitu /home, /, dan swap. Jadi saya sedikit "berani" untuk melakukan update tanpa backup :)... smoga review ini sedikit membantu, silahkan jika ada pertanyaan seputar update ini